SYARAT DAN KETENTUAN LAYANAN INFINID

sejak September 2023

Syarat dan Ketentuan (“Syarat dan Ketentuan”) ini dan segala peraturan atau kebijakan lain yang tersedia pada Aplikasi (sebagaimana didefinisikan selanjutnya) merupakan perjanjian-perjanjian yang mengikat berdasarkan Hukum yang Berlaku (sebagaimana didefinisikan selanjutnya) antara Pengguna dan PT Inovasi Finansial Untuk Indonesia (“InfinID”, “Kami”).

Kami mewajibkan Anda untuk membaca dan menyetujui seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini. Apabila Anda memiliki pertanyaan apapun mengenai pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini sehubungan dengan penggunaan Aplikasi Kami, silahkan menghubungi Kami melalui [email protected].

Silahkan membatalkan Akun Anda (jika Anda telah mendaftar pada Aplikasi), menghentikan pemakaian Aplikasi oleh Anda (termasuk namun tidak terbatas pada, menghentikan akses terhadap Aplikasi) dan menghapus Aplikasi dari perangkat Anda, jika Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

Mohon diperhatikan bahwa penggunaan Aplikasi tunduk pada Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang Kami keluarkan dan/atau perbaharui dari waktu ke waktu dengan pemberitahuan yang sewajarnya kepada Pengguna. Perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi akan segera berlaku efektif dan akan diberitahukan kepada Anda pada saat Anda mengakses Aplikasi pertama kalinya setelah perubahan tersebut terjadi.

MOHON ANDA MEMERIKSA SYARAT DAN KETENTUAN DAN KEBIJAKAN PRIVASI KAMI DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENDAFTARKAN DIRI PADA APLIKASI ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI UNTUK PERTAMA KALI.

1. DEFINISI

1.1 “Afiliasi” berarti (i) pihak pengendali dari; (ii) anak perusahaan dari; atau (iii) pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan PT Inovasi Finansial untuk Indonesia.

1.2 “Akun” memiliki arti sebagaimana dimaksud pada Pasal 4.1

1.3 “Anda” atau “Pengguna” berarti pihak yang terdaftar sebagai pelanggan Aplikasi untuk menggunakan Layanan yang disediakan di dalam Aplikasi dalam kapasitas apapun.

1.4 “Aplikasi” berarti situs web InfinID di https://www.infinid.id, dan situs web lain atau aplikasi yang tersedia di telepon genggam yang dimiliki oleh InfinID untuk menyediakan Layanan.

1.5 “Biro Kredit” memiliki arti sebagaimana dimaksud pada Pasal 6.1 Syarat dan Ketentuan ini.

1.6 “Calon Nasabah” berarti Pengguna yang ingin mengajukan Fasilitas Pinjaman melalui Aplikasi.

1.7 “Hak Kekayaan Intelektual” berarti paten, merek dagang, merek jasa atau layanan, hak cipta, hak pada desain, pengetahuan, atau hak kekayaan intelektual atau industri lainnya, baik terdaftar maupun tidak terdaftar.

1.8 “Fasilitas Pinjaman” berarti fasilitas pinjaman dengan agunan properti yang diberikan kepada Nasabah setelah memenuhi syarat.

1.9 “Hukum yang Berlaku” berarti setiap perundangan, undang-undang, kitab undang-undang, hukum, peraturan, aturan, perintah, surat keputusan, penetapan, putusan atau keputusan dari instansi pemerintah mana pun.

1.10 “InfinID” atau “Kami” berarti PT Inovasi Finansial Untuk Indonesia, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.

1.11 “Informasi Pribadi” berarti informasi mengenai Pengguna yang secara dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi atau pihak lain, seperti nama, alamat, tanggal lahir dan pekerjaan, nomor telepon, alamat surat elektronik (e-mail), perizinan dan/atau sejenisnya, data transaksi dan/atau data keuangan, dan informasi lain yang mungkin dapat mengidentifikasi Anda sebagai Pengguna Aplikasi.

1.12 “Kebijakan Privasi” berarti kebijakan yang mengatur tentang cara InfinID mengumpulkan, mengolah, menggunakan, dan mengungkapkan data dan informasi Pengguna dalam Aplikasi.

1.13 “Informasi” berarti setiap dan/atau seluruh informasi yang dibuat, disusun, dikembangkan, dikelola oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Informasi Pribadi, teks atau tulisan, gambar, quotes atau kutipan, foto, ilustrasi, animasi, video, rekaman suara atau musik, judul, deskripsi dan/atau setiap data dalam bentuk apapun yang disediakan dan/atau diunggah oleh Pengguna ke dalam Aplikasi, termasuk setiap tautan yang menghubungkan kepadanya. Untuk menghindari keraguan, informasimencakup pula setiap dan/atau seluruh informasi, data, berita aktual, tulisan, gambar, kutipan, foto, ilustrasi, animasi, video, rekaman suara, yang diperoleh Pengguna dari pihak ketiga, di mana Pengguna telah memiliki kewenangan untuk menggunakan dan mendistribusikan informasitersebut.

1.14 “Layanan Pihak Ketiga” memiliki arti layanan yang disediakan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami yang dapat ditemukan dalam Aplikasi.

1.15 “Layanan” memiliki arti sebagaimana dimaksud pada Pasal 2.1 Syarat dan Ketentuan ini.

1.16 “Lembaga Keuangan” berarti pihak ketiga yang menawarkan Fasilitas Pinjaman kepada Calon Nasabah melalui InfinID.

1.17 “Tanda Tangan Elektronik” berarti tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik serta setiap perubahannya dari waktu ke waktu.

2. TUJUAN PENGGUNAAN

2.1 Anda memahami bahwa tujuan penggunaan Aplikasi adalah untuk membantu Anda sebagai Calon Nasabah untuk mengajukan permohonan Fasilitas Pinjaman kepada Lembaga Keuangan, melakukan pengecekan status permohonan, memantau status Fasilitas Pinjaman yang sudah berjalan, mendapatkan informasi terkait tagihan bulanan dan pelunasan Fasilitas Pinjaman.

2.2 Aplikasi digunakan untuk membantu Calon Nasabah mengajukan permohonan Fasilitas Pinjamankepada Lembaga Keuangan dengan agunan berupa rumah / properti yang dimiliki Calon Nasabah. Setiap Lembaga Keuangan merupakan pihak ketiga yang independen dan memiliki kebijakan tersendiri dan menyeluruh untuk menerima atau menolak setiap permohonan Calon Nasabah atas Pinjaman yang diajukan. Jika Lembaga Keuangan menyetujui permohonan Nasabah, Aplikasi akan memberitahu Calon Nasabah dan memberikan informasi mengenai jumlah Fasilitas Pinjaman yang disetujui, jangka waktu Fasilitas Pinjaman, suku bunga, biaya-biaya dan waktu pencairan, pembayaran dan pelunasan. Aplikasi juga memungkinkan Calon Nasabah untuk melihat status pengajuan kredit secara langsung. Apabila permohonan ditolak oleh Lembaga Keuangan, InfinID akan meneruskan keputusan penolakan yang diberikan kepada Pengguna. Setiap keputusan penolakan bukan merupakan tanggung jawab dan lingkup kerja InfinID.

2.3 Untuk menghindari keragu-raguan, Kami menegaskan bahwa Kami adalah perusahaan penyedia platform, yang menghubungkan Calon Nasabah dengan Lembaga Keuangan, dengan demikian kami bukan merupakan perusahaan perbankan atau pemberi pinjaman, pemilik properti yang diagunkan atau penyedia layanan pendanaan bersama berbasis teknologi. Lembaga Keuangan adalah pihak yang mandiri, Kami tidak bertanggung jawab atas setiap keputusan, tindakan dan/atau kelalaian yang dibuat oleh Lembaga Keuangan tersebut.

2.4 Untuk menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku, maka InfinID berhak mengubah Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu dengan pemberitahuan yang wajar kepada Pengguna.

3. SYARAT PENGGUNAAN LAYANAN

3.1 Pengguna diwajibkan untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap mengenai data pribadi, menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan sehubungan dengan pengajuan produk keuangan yang sudah dipilih oleh Pengguna.

3.2 Kami yang terkait berhak menolak permohonan Pengguna jika terdapat alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan ini atau peraturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

3.3 Berdasarkan kebijakan, Kami dapat memberikan informasi dan penawaran terkait dengan produk, layanan, berita, dan promosi-promosi melalui aplikasi atau email Pengguna yang dapat ditukar untuk manfaat terkait dengan penggunaan Aplikasi atau Layanan.

4. PENDAFTARAN

4.1 Anda harus menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan mendaftar terlebih dahulu sebelum menggunakan Aplikasi atau Layanan dengan memberikan informasi-informasi sebagaimana disebutkan pada Pasal 8.1 Syarat dan Ketentuan ini. Setelah pendaftaran berhasil, sistem Kami akan mengirimkan kode verifikasi ke e-mail dan/atau nomor ponsel terdaftar yang telah Anda berikan. Anda harus memverifikasi diri dengan mengikuti langkah-langkah verifikasi yang disebutkan dalam e-mail dan/atau pesan SMS (Short Message Service) dan/atau pesan melalui aplikasi Whatsapp, setelah selesai, Aplikasi akan memberikan Anda akun pribadi (“Akun”) yang dapat diakses dengan kata sandi yang Anda pilih. Anda harus menyimpan informasi login dengan aman dan tidak boleh membagikan informasi login Anda dengan orang lain.

4.2 VERIFIKASI YANG DIMAKSUD DI ATAS DIHASILKAN SECARA OTOMATIS OLEH SISTEM KAMI. JANGAN MELANJUTKAN LANGKAH VERIFIKASI JIKA ANDA MENERIMA E-MAIL DAN/ATAU SMS DAN/ATAU PESAN DI APLIKASI WHATSAPP SECARA TIDAK SENGAJA ATAU TIDAK MEMOHON PERMINTAAN VERIFIKASI DAN JANGAN MEMBAGIKAN INFORMASI TERSEBUT KEPADA ORANG LAIN TERMASUK KEPADA KAMI.

4.3 Akun Anda akan ditautkan ke e-mail dan/atau nomor ponsel Anda, yang berarti bahwa Anda hanya dapat mendaftarkan satu Akun dan tidak dapat membuat Akun baru lain dengan e-mail dan/atau nomor ponsel terdaftar. Anda bertanggung jawab penuh atas segala aktivitas yang terjadi melalui akses Akun Anda, termasuk tanggung jawab atas semua tindakan penggunaan Layanan oleh siapa pun atas nama Anda.

5. KEWAJIBAN PENGGUNA

5.1 Kewajiban umum sebagai Pengguna:

1. Pengguna memastikan penggunaan Layanan pada Aplikasi hanya untuk keperluan Pengguna yang benar dan secara sah sesuai dengan Hukum yang Berlaku, Syarat dan Ketentuan atau ketentuan yang tercantum di Aplikasi.

2. Informasi yang diberikan di Aplikasi tidak dapat diartikan sebagai suatu saran atau penawaran ataupun paksaan. Keputusan untuk menggunakan Layanan sepenuhnya berada di tangan Anda.

3. Anda akan menggunakan Aplikasi hanya untuk tujuan yang dimaksud sebagaimana disediakan Layanan. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan Aplikasi untuk tujuan penipuan atau menyebabkan ketidaknyamanan kepada orang lain atau melakukan permohonan palsu.

4. Anda tidak diperkenankan untuk mengubah atau memodifikasi Aplikasi dengan cara apapun. Terhadap setiap perbuatan tersebut ataupun percobaan atas perbuatan tersebut di atas merupakan tindakan pidana, dan Kami dapat mengambil tindakan hukum terhadap Anda sesuai dengan ketentuan yang tersedia berdasarkan Hukum yang Berlaku.

5. Pengguna memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa Pengguna memiliki perangkat yang memadai/sesuai dengan standar Aplikasi. Kami berhak untuk melarang Anda menggunakan Aplikasi lebih lanjut jika Anda menggunakan Aplikasi dengan perangkat yang tidak kompatibel atau secara tidak sah atau untuk tujuan lain selain daripada tujuan yang dimaksud untuk penggunaan Aplikasi ini.

6. Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. Sebagai Pengguna, Anda berkewajiban untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi Akun Pengguna dan setiap identifikasi yang Kami berikan kepada Pengguna. InfinID tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan Akun, manipulasi data, penghapusan data, maupun pemblokiran Akun akibat kelalaian Pengguna dalam menjaga dan mengelola Akun, serta kebocoran Akun Pengguna akibat kelalaian Pengguna dalam menyimpan, mengingat, atau memberikan informasi atas Akun kepada pihak lain. Pengguna setuju untuk segera memberitahukan kepada InfinID setiap adanya dugaan penggunaan yang tidak sah atau tidak valid dengan pengatasnamaan nama Akun Pengguna.

5.2 Kewajiban sebagai Calon Nasabah:

1. Sebagai seorang Calon Nasabah, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda merupakan seorang individu yang secara hukum berhak untuk mengadakan perjanjian yang mengikat berdasarkan Hukum yang Berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Khususnya mengenai Syarat dan Ketentuan, dan untuk menggunakan Aplikasi, Calon Nasabah menyatakan bahwa Calon Nasabah adalah subjek hukum yang cakap, telah berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian, pengampuan/curatele, atau keadaan apapun yang mengakibatkan Anda dianggap tidak cakap secara hukum atau tidak dapat mengambil sebuah tindakan hukum secara mandiri.

2. Anda tidak dinyatakan pailit oleh Pengadilan, tidak dalam daftar pencarian orang (DPO) serta tidak sedang dalam masa tahanan/kurungan badan atau segala tindakan yang melanggar peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia, baik secara Pidana maupun Perdata. Jika ternyata ditemukan ketidaksesuaian di atas, maka Kami terkait berhak untuk membatalkan Syarat dan Ketentuan ini secara sepihak tanpa ganti rugi dalam bentuk apapun dan tanpa diperlukannya putusan dari badan peradilan yang berwenang, dalam hal ini untuk seperlunya mengesampingkan ketentuan yang diatur dalam Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Calon Nasabah selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa Calon Nasabah memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini. Jika Calon Nasabah mendaftar pada Aplikasi Kami atas nama suatu badan hukum, Calon Nasabah juga menyatakan dan menjamin bahwa Calon Nasabah adalah orang yang berwenang untuk mengadakan, dan mengikatkan diri untuk dan atas nama entitas/badan usaha/ badan hukum tersebut pada Syarat dan Ketentuan ini.

3. Hanya Calon Nasabah yang dapat menggunakan Akun Calon Nasabah sendiri dan Calon Nasabah berjanji untuk tidak memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas Calon Nasabah atau menggunakan Akun Calon Nasabah. Calon Nasabah tidak dapat menyerahkan atau mengalihkan Akun Calon Nasabah kepada pihak lain. Calon Nasabah harus menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi Akun Calon Nasabah dan setiap identifikasi yang Kami berikan kepada Calon Nasabah. Dalam hal terjadi pengungkapan atas kata sandi Calon Nasabah, dengan cara apapun, yang mengakibatkan setiap penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan atas Akun atau identitas Calon Nasabah, pengajuan permohonan yang diterima dari penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan tersebut masih akan dianggap sebagai permohonan yang sah, kecuali Calon Nasabah memberitahukan kepada Kami mengenai hal tersebut sebelum Penyedia Pinjaman memberikan tanggapan atas permohonan Pinjaman yang diminta.

4. Dengan memberikan informasi kepada Kami, Calon Nasabah menyatakan bahwa memberikan hak kepada Kami untuk menyediakan ataupun memberikan informasi kepada Lembaga Keuangan dan pihak terkait, guna tercapainya maksud atas penggunaan Layanan di Aplikasi Kami.

5. Calon Nasabah berjanji dan mengikatkan diri untuk menjaga kerahasiaan dan tidak akan menyalahgunakan informasi yang Calon Nasabah terima dari penggunaan Aplikasi. Calon Nasabah akan memperlakukan Lembaga Keuangan dengan hormat dan tidak akan terlibat dalam perilaku atau tindakan yang tidak sah, mengancam atau melecehkan serta melakukan hal yang dapat mencederai secara hukum termasuk mencemarkan nama baik ketika menggunakan layanan mereka dan/atau terhadap Aplikasi.

6. VERIFIKASI DATA DAN PENILAIAN KELAYAKAN OLEH PIHAK KETIGA

6.1 Dalam menyediakan Layanan dan untuk memastikan bahwa Anda memberikan identitas Anda yang benar dan layak untuk menerima Fasilitas Pinjaman sebelum Kami merekomendasikan Anda kepada Lembaga Keuangan, InfinID dapat bekerja sama dengan pihak ketiga yang menjalankan fungsi verifikasi data, menghimpun serta mengolah data kredit atau pembiayaan dan data lain untuk menghasilkan dan menampilkan informasi perkreditan atas Calon Nasabah (“Biro Kredit”).

6.2 Persetujuan atas Pemrosesan Data untuk Penerbitan Sertifikat Elektronik: Sehubungan dengan verifikasi identitas untuk tujuan merekomendasikan Anda kepada Lembaga keuangan, data pribadi Anda berupa data demografi dan/atau biometrik akan diperiksa kesesuaiannya, oleh PT Indonesia Digital Identity (“VIDA”) sebagai mitra kami, dengan data yang tercatat pada sistem instansi yang berhak mengeluarkan identitas tersebut. Apabila data pribadi Anda terverifikasi kesesuaiannya, maka Vida sebagai mitra Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang diakui oleh Kementerian Telekomunikasi dan Informasi, akan menerbitkan sertifikat elektronik sebagai bukti bahwa data pribadi Anda telah diverifikasi dan sesuai dengan data yang tercatat pada sistem instansi yang berhak mengeluarkan identitas tersebut. Oleh karenanya, Anda menjamin keakuratan data pribadi yang Anda sediakan dan setuju atas pemrosesan data pribadi Anda tersebut untuk tujuan penerbitan sertifikat elektronik serta layanan lain yang melekat pada sertifikat elektronik yang dilakukan oleh Vida.

6.3 Anda menyatakan telah membaca, memahami, dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik serta menjamin keakuratan data pribadi Anda untuk diproses lebih lanjut oleh VIDA sebagai mitra dari Kami untuk keperluan penerbitan dan pengelolaan Sertifikat Elektronik yang terdapat pada Perjanjian Kepemilikan Sertifikat Elektronik (Subscriber Agreement), Kebijakan Privasi PSrE (CA Privacy Policy), serta Pernyataan Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik (Certification Practice Statement) Vida yang dapat diakses melalui https://repo.vida.id (“Dokumen Vida”).

6.4 Dalam melaksanakan fungsinya, Biro Kredit memperoleh data histori kredit atau pembiayaan atas Calon Nasabah dari Sistem Layanan Informasi Keuangan yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan atau sumber data lain yang terkait.

6.5 Kami dapat meminta Anda untuk menyetujui Dokumen Vida dan pemberitahuan privasi milik lembaga verifikasi data lainnya dan/atau Biro Kredit untuk mengolah dan menggunakan informasi dan data Calon Nasabah sehubungan dengan penilaian kelayakan kredit.

7. TANDA TANGAN ELEKTRONIK

7.1 Ketika Anda telah dinyatakan lolos proses seleksi awal dan mengunggah dokumendokumen yang dibutuhkan untuk proses aplikasi kepada beberapa Lembaga Keuangan, Kami akan meminta Anda untuk menandatangani dokumen yang dibutuhkan dalam proses aplikasi kepada Lembaga Keuangan menggunakan Tanda Tangan Elektronik yang dapat disediakan oleh Kami atau mitra pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami.

7.2 Dalam hal Kami bekerja sama dengan pihak ketiga penyedia Tanda Tangan Elektronik, Anda menyetujui bahwa, Tanda Tangan Elektronik berbasis sertifikat elektronik dalam suatu transaksi dan/atau dokumen elektronik merupakan suatu bentuk persetujuan dan penerimaan Anda: (1) untuk mengikatkan diri terhadap hubungan hukum dengan Kami atau pihak lain yang disebutkan dalam dokumen yang bersangkutan dan/atau (2) atas seluruh informasi yang tertulis dalam dokumen aplikasi tersebut.

7.3 Salah satu pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami adalah VIDA dalam kapasitasnya sebagai Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik dan Sertifikasi Elektronik tersertifikasi oleh Kementerian Telekomunikasi dan Informasi. VIDA akan melakukan verifikasi atas identitas Anda untuk tujuan penerbitan sertifikat elektronik, yang mana sertifikat elektronik tersebut akan digunakan sebagai data pembuatan tanda tangan elektronik. Tanda tangan elektronik berbasis sertifikat elektronik dapat mengidentifikasi identitas penanda tangan pada dokumen elektronik yang Anda tanda tangani sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dalam hal proses verifikasi identitas, data pribadi Anda berupa data demografi dan/atau biometrik akan diperiksa kesesuaiannya oleh VIDA dengan data yang tercatat pada sistem instansi yang berhak mengeluarkan identitas tersebut. Selanjutnya VIDA akan menerbitkan sertifikat elektronik sebagai bukti bahwa data pribadi Anda telah diverifikasi dan sesuai dengan yang tercatat pada sistem instansi pemerintahan penerbit identitas tersebut. Oleh karenanya, Anda menjamin keakuratan data pribadi yang Anda sediakan dan setuju atas pemrosesan data pribadi Anda tersebut untuk tujuan penerbitan sertifikat elektronik serta layanan lain yang melekat pada sertifikat elektronik yang dilakukan oleh VIDA. Ketentuan Pasal 6.3 berlaku untuk penggunaan Tanda Tangan Elektronik oleh Anda.

8. INFORMASI PRIBADI DAN UMUM

8.1 Kami mengumpulkan dan memproses Informasi Pribadi Anda, seperti nama, alamat surat elektronik (surel / e-mail), dan nomor telepon seluler Anda pada saat Anda mendaftarkan diri pada Aplikasi Kami atau ketika Aplikasi menjalankan fungsinya baik untuk penggunaan Layanan atau fungsi lainnya yang diperlukan untuk mendukung ekosistem Layanan. Anda wajib memberikan informasi yang akurat dan lengkap serta memperbaharui informasi yang secara wajar diperlukan untuk pengajuan kredit pemilikan properti. Jika terjadi perubahan mengenai Informasi Pribadi yang Anda berikan, seperti, jika Anda mengubah alamat surel, nomor telepon, atau jika Anda ingin membatalkan Akun Anda, mohon perbaharui rincian informasi Anda dengan mengirimkan permintaan kepada Kami. Kami akan, memberlakukan perubahan yang diminta tersebut sesegera mungkin sejak diterimanya pemberitahuan perubahan. Harap diperhatikan, bahwa setiap perubahan dapat mengakibatkan terhambatnya persetujuan atas permohonan Fasilitas Pinjamanyang Calon Nasabah ajukan. Oleh karenanya, mohon pastikan informasi data pribadi Calon Nasabah sudah benar pada saat pendaftaran tanpa adanya perubahan, agar pengajuan Calon Nasabah dapat diproses secepat mungkin.

8.2 InfinID dapat menggunakan email Anda untuk mendaftar kepada newsletter, survei, atau aktivitas lain InfinID yang terkait dengan Layanan. InfinID hanya mengumpulkan dan memproses Informasi Pribadi Anda jika Anda telah setuju untuk berpartisipasi dalam aktivitas terkait.

8.3 Anda bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan informasi, juga atas semua informasi yang dipublikasikan, dan aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda dengan kata sandi Anda.

8.4. Kami tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas Informasi yang dikirimkan oleh Anda atau orang lain yang bertindak atas nama Anda ke Aplikasi. Namun, Kami berhak memantau dan memeriksa informasi yang Anda kirimkan ke Aplikasi. Anda akan secara pribadi bertanggung jawab atas gugatan yang terkait dengan pencemaran nama baik, pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, privasi, atau gugatan-gugatan lain yang timbul dari InformasiAnda. Atas hal-hal tersebut, InfinID berhak untuk memberikan upaya-upaya perbaikan yang dianggap perlu. Pilihan upaya-upaya perbaikan tersebut termasuk, pengakhiran keanggotaan, penghapusan atau pengubahan Informasi atau menolak akses ke dalam Aplikasi dan semua Layanan Kami, di dalam atau di luar Aplikasi.

9. PERIZINAN DAN LISENSI

9.1 Dengan bergantung pada kepatuhan Anda pada Syarat dan Ketentuan, Kami memberikan Anda izin yang terbatas, non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, tidak dapat dialihkan, tidak dapat disublisensikan, izin yang dapat ditarik untuk mengunduh dan memasang salinan Aplikasi pada suatu perangkat bergerak tunggal yang Anda miliki atau kontrol dan menjalankan salinan Aplikasi semata-mata untuk kebutuhan pribadi, non-komersial Anda sendiri.

9.2 Anda tidak diperkenankan untuk melakukan hal berikut:

1. Menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain yang mungkin mengeksploitasi Aplikasi, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan ini;

2. Memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia Aplikasi dan / atau perangkat lunak terkait dengan cara apapun kepada pihak ketiga manapun, termasuk namun tidak terbatas;

3. Menciptakan “link” internet ke Aplikasi atau melakukan tindakan “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet;

4. Merekayasa ulang atau mengakses perangkat lunak Kami secara tidak resmi untuk:

  1. Merusak, melemahkan, atau membahayakan setiap aspek dari Aplikasi, Layanan atau sistem dan jaringan yang terkait;
  2. Membangun produk atau layanan tandingan;
  3. Membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis Aplikasi; atau
  4. Menyalin ide, fitur, fungsi atau grafis Aplikasi;

5. Meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, atau menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi;

6. Menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, “tambang data” (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi atau isinya;

7. Menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang dimiliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari pemilik hak milik; dan/atau

8. Menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi.

9.3 Pengguna berjanji untuk:

1. Tidak akan mengirim spam atau pesan yang bersifat duplikasi atau tidak diminta yang melanggar Hukum yang Berlaku;

2. Tidak akan mengirim atau menyimpan materi yang melanggar, cabul, mengancam, memfitnah, atau melanggar hukum atau bersifat sadis, termasuk namun tidak terbatas pada bahan berbahaya bagi anak-anak atau yang melanggar hak privasi pihak ketiga;

3. Tidak akan mengirim bahan yang mengandung virus piranti lunak, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, dokumen/file, script, agen atau program;

4. Tidak mengganggu atau mengacaukan integritas atau kinerja Aplikasi atau data di dalamnya;

5. Tidak berkedok sebagai orang atau badan lain atau menggambarkan diri Anda sebagai afiliasi seseorang atau suatu badan; dan

6. Menahan diri untuk terlibat dalam tindakan yang mungkin bisa merusak reputasi Kami atau dianggap dapat merusak reputasi Kami.

9.4 Kami berhak untuk menyelidiki dan menuntut setiap pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini sepanjang yang dimungkinkan oleh Hukum yang Berlaku. Kami dapat melibatkan dan bekerja sama dengan pihak penegak hukum dalam menuntut Pengguna yang melanggar Syarat dan Ketentuan ini. Anda mengakui bahwa Kami tidak memiliki kewajiban untuk memonitor akses Anda ke atau dalam penggunaan Aplikasi, tapi Kami berhak untuk melakukannya untuk tujuan pengoperasian Aplikasi, untuk memastikan kepatuhan dengan Syarat dan Ketentuan ini, atau untuk mematuhi Hukum yang Berlaku atau perintah atau persyaratan dari pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.

10. TAUTAN KE SITUS LAIN

Dalam pengoperasian Aplikasi InfinID dan penyediaan Layanan, Kami dapat menyediakan tautan ke situs lain yang disediakan oleh pihak ketiga (“Penyedia Konten Pihak Ketiga”) dimana semua informasi konten termasuk gambar, video, musik, suara, file, biaya, perangkat lunak, dan informasi lainnya dimiliki oleh pihak ketiga (“Konten Pihak Ketiga”). Kami tidak memiliki hak atas Konten Pihak Ketiga dan tidak bertanggung jawab atas Konten Pihak Ketiga terkait. Kerusakan situs pihak ketiga atau hilangnya data pihak ketiga tidak berada dalam kendali InfinID.

11. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

11.1 Kami tidak bertanggung jawab atas setiap cedera, kematian, kerusakan atau kerugian yang disebabkan oleh perilaku dari tindakan Pengguna. Kami juga tidak bertanggung jawab atas kesalahan, termasuk pelanggaran lalu lintas, atau tindakan kriminal yang dilakukan oleh Calon Nasabah selama pengajuan Fasilitas Pinjamanatau selama Pengguna menggunakan Aplikasi. Anda memahami bahwa Lembaga Keuangan hanya merupakan mitra kerja Kami, dan bukan pegawai, agen atau perwakilan Kami.

11.2 Setiap tuntutan terhadap Kami dalam hal apapun oleh Anda, akan dibatasi dengan jumlah total yang sebenarnya dibayar oleh dan/atau terhutang kepada kami ketika menggunakan Layanan Kami selama peristiwa yang menimbulkan klaim tersebut. Dalam hal apapun, Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atau siapa pun atas biaya, bunga atau kerugian dalam segala jenis atau bentuk cedera pribadi, gangguan emosi dan hilangnya data, barang, pendapatan, keuntungan, penggunaan atau keuntungan ekonomi lainnya. InfinID dan Lembaga Keuangan tidak akan bertanggung jawab atas kerugian, kerusakan atau cedera yang mungkin ditimbulkan oleh atau disebabkan oleh Anda, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Layanan dan/atau Aplikasi.

11.3 Calon Nasabah secara tegas mengesampingkan dan melepaskan Kami dari setiap dan semua kewajiban, tuntutan atau kerusakan yang timbul dari atau dengan cara apapun sehubungan dengan Lembaga Keuangan. Kami tidak akan menjadi pihak dalam sengketa dan/atau negosiasi sengketa antara Calon Nasabah dan Lembaga Keuangan. Tanggung jawab untuk keputusan yang Calon Nasabah buat atas Fasilitas Pinjamanyang diajukan melalui Aplikasi merupakan tanggung jawab dan melekat seutuhnya pada Calon Nasabah.

11.4 Kami tidak bertanggung jawab atas penyediaan barang atau jasa oleh pihak ketiga dan Kami juga tidak akan bertanggung jawab jika barang atau jasa apa pun, yang diminta oleh Anda, tidak tersedia. Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atau dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini dengan alasan keterlambatan dalam melakukan, atau kegagalan untuk melakukan, kewajiban Kami, jika keterlambatan atau kegagalan itu disebabkan oleh sebab apa pun di luar kendali Kami yang wajar seperti kekurangan, ketidaktersediaan, pencurian, bencana alam, pemogokan, kebijakan pemerintah, terorisme, perang, kerusuhan sipil atau keadaan serupa lainnya.

11.5 InfinID dapat mempekerjakan atau bekerjasama dengan pihak ketiga, baik badan hukum maupun perseorangan untuk memfasilitasi atau memberikan bantuan pengembangan Aplikasi dan layanan tertentu untuk dan/atau atas nama InfinID. Ketentuan kerja sama pihak ketiga berlaku untuk layanan-layanan yang disediakan oleh penyedia pihak ketiga baik secara langsung maupun melalui Aplikasi InfinID dan layanan lainnya yang dapat ditambahkan dari waktu ke waktu. Setiap transaksi melalui platform pihak ketiga juga akan tunduk pada syarat dan ketentuan bisnis pihak tersebut serta Syarat dan Ketentuan ini. Anda akan bertanggung jawab atas pelanggaran ketentuan pihak ketiga, dan Kami tidak akan bertanggung jawab atas kegagalan apa pun dari platform pihak ketiga untuk setiap layanan yang gagal daripadanya. Keakuratan dan kelalaian informasi oleh platform pihak ketiga di situs mereka bukanlah merupakan tanggung jawab dan kewajiban InfinID.

11.6 Kami menyediakan Aplikasi sebagaimana adanya dan Kami tidak menyatakan atau menjamin bahwa keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari Aplikasi dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan Anda, termasuk namun tidak terbatas pada Layanan, Konten Pihak Ketiga, dan Layanan Pihak Ketiga yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Lembaga Keuangan, Penyedia Konten Pihak Ketiga dan penyedia Layanan Pihak Ketiga. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh setiap kegagalan atau kesalahan yang dilakukan oleh Lembaga Keuangan, Penyedia Konten Pihak Ketiga atau Penyedia Layanan Pihak Ketiga ataupun kegagalan atau kesalahan Anda dalam mematuhi Syarat dan Ketentuan ini, Lembaga Keuangan, Penyedia Konten Pihak Ketiga dan Penyedia Layanan Pihak Ketiga.

11.7 Aplikasi dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat Anda, Lembaga Keuangan, Penyedia Layanan Pihak Ketiga, dan Penyedia Konten Pihak Ketiga rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.

11.8 Kami tidak berkewajiban untuk mengawasi akses atau penggunaan Anda atas Aplikasi. Namun, Kami tetap melakukan pengawasan untuk tujuan memastikan kelancaran penggunaan Aplikasi dan untuk memastikan kepatuhan terhadap Syarat dan Ketentuan ini, peraturan Hukum yang Berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya. Kami hanya akan bertanggung jawab untuk kesalahan yang terbukti bersumber dari tindakan Kami.

11.9 Kami tidak mempunyai kewajiban apapun, termasuk untuk mengambil tindakan lebih jauh atau tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Anda, Lembaga Keuangan, Penyedia Layanan Pihak Ketiga, atau Penyedia Konten Pihak Ketiga, , terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Anda dan Lembaga Keuangan, Penyedia Layanan Pihak Ketiga, atau Penyedia Konten Pihak Ketiga. Tetapi, Kami akan memfasilitasi setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Anda dan Lembaga Keuangan, Penyedia Layanan Pihak Ketiga, atau Penyedia Konten Pihak Ketiga, dengan upaya wajar yang diperlukan. Ketika Kami memfasilitasi penyelesaian permasalahan atau perselisihan antara Anda dan Lembaga Keuangan, Penyedia Layanan Pihak Ketiga, atau Penyedia Konten Pihak Ketiga, Kami tidak bertindak sebagai mediator dan hal tersebut tidak menimbulkan kewajiban lebih jauh apapun terhadap Kami.

12. KERAHASIAAN DAN PRIVASI

12.1 Kerahasiaan

Kecuali sebagaimana diatur lain dalam Kebijakan Privasi, InfinID akan menjaga kerahasiaan data dan Informasi Pribadi dan tidak akan membagikannya kepada pihak ketiga, kecuali Informasi Pribadi atau setiap informasi lainnya yang InfinID kumpulkan mengenai Pengguna dibutuhkan untuk:

  1. Mematuhi putusan pengadilan atau proses hukum lainnya;
  2. Memberlakukan Syarat dan Ketentuan;
  3. Penggunaan yang diperbolehkan berdasarkan Kebijakan Privasi.

12.2 Privasi

Pengguna menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku yang dapat dibaca pada tautan ini, dan segala perubahan daripadanya yang dipublikasikan oleh InfinID. Pengguna setuju bahwa InfinID dapat menggunakan dan mengelola data dan Informasi Pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi, sebagai bagian dari Layanan. Pengguna memberikan izin kepada InfinID untuk menggabungkan informasi yang Pengguna masukkan atau unggah untuk Layanan InfinID.

13. PENGUNGKAPAN PENGIKLANAN

Ketidakakuratan, kata-kata kotor, dan kelalaian informasi dari deskripsi yang disediakan oleh Lembaga Keuangan tidak dapat dimintakan pertanggungjawabannya kepada InfinID. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan informasi yang dilakukan oleh setiap pihak ketiga, termasuk Lembaga Keuangan atau Pengguna. Namun, Kami berhak untuk melakukan koreksi, menghapus, dan melakukan perbaikan terhadap informasi yang tersedia di Aplikasi, dengan pemberitahuan sebelumnya. Perbaikan ini mencakup informasi yang disediakan oleh pemilik, harga dan spesifikasi yang diiklankan pada Aplikasi.

14. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

14.1 Hak Kekayaan Intelektual InfinID, termasuk namun tidak terbatas pada nama, logo, Aplikasi dan Layanan, dilindungi oleh hak cipta, merek dagang, paten, ataupun Hak Kekayaan Intelektual lainnya berdasarkan Hukum yang Berlaku di Republik Indonesia yang terdaftar atas nama InfinID atau Afiliasinya. Kami (dan pemberi lisensi Kami, sebagaimana berlaku) secara eksklusif memiliki semua hak, kepemilikan dan kepentingan dalam dan terhadap Aplikasi, termasuk semua Hak Kekayaan Intelektual terkait.

14.2 Kami dengan ini memberikan Anda lisensi terbatas atas penggunaan Hak Kekayaan Intelektual yang tidak eksklusif, tidak dapat dialihkan, dan dapat ditarik kembali untuk melakukan pengunduhan, pengaksesan, dan penggunaan Aplikasi hanya pada perangkat ponsel dan/atau tablet pribadi Anda untuk kebutuhan penggunaan Layanan dan penggunaan informasi untuk kepentingan pribadi dan tidak untuk tujuan komersial.

14.3 Setiap informasi, termasuk namun tidak terbatas pada pernyataan, saran, ide, gambar atau kiriman lainnya, yang dikomunikasikan kepada Kami oleh Anda melalui Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada Hak Kekayaan Intelektual yang terkait dengannya (kecuali yang dinyatakan sebaliknya secara tegas), menjadi eksklusif milik InfinID tanpa kompensasi dan Kami dapat menyalin, menggabungkan, mendistribusikan atau menggunakan komunikasi tersebut untuk tujuan komersial atau non-komersial. Anda dengan ini setuju untuk mengambil tindakan lebih lanjut, yang mungkin diperlukan untuk mengalihkan hak Anda tersebut kepada InfinID. Anda dilarang mengunggah atau menyebarkan ke atau dari Aplikasi, materi apa pun yang melanggar hukum, memfitnah, mencemarkan, cabul, memalukan, menghasut, pornografi, atau tidak senonoh.

14.4 Kami hanya menyediakan perangkat lunak Aplikasi yang resmi pada pasar digital resmi, seperti Google Play Store atau Apple App Store,dan untuk digunakan hanya pada perangkat telepon genggam atau tablet. Mengunduh Aplikasi dari tempat lain selain pasar digital resmi dan/atau ke dalam perangkat lain selain telepon genggam atau tablet merupakan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan terhadap Hak Kekayaan Intelektual Kami.

14.5 Setiap penggandaan, distribusi, pembuatan karya turunan, penjualan atau penawaran untuk menjual, penampilan baik sebagian atau seluruhnya, serta penggunaan Aplikasi dan/atau Layanan, baik secara digital atau lainnya atau pada perangkat selain telepon genggam atau tablet, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi tambahan seperti aplikasi modifikasi, emulator, dan lain-lain, yang menyimpang dari Syarat dan Ketentuan ini, maupun tujuan penggunaan yang ditentukan oleh Kami, merupakan pelanggaran terhadap Hak Kekayaan Intelektual Kami.

14.6 Tanpa menyimpang dari hak Kami berdasarkan Hukum yang Berlaku atau Syarat dan Ketentuan ini, Anda diberitahukan bahwa setiap usaha atau pelanggaran nyata atas ketentuan ini akan mengakibatkan penghentian semua hak Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda menghindari salah satu cara yang Kami ambil untuk melindungi Layanan dari penggunaan secara tidak sah, Anda harus segera menghentikan setiap dan semua penggunaan Layanan, dan Anda setuju untuk melakukannya.

15. GANTI RUGI

Pengguna setuju untuk membela, mengganti rugi, dan membebaskan InfinID, AfiliasiAfiliasinya, dan perwakilan-perwakilannya, agen-agennya, direktur-direkturnya, manajermanajernya, pejabat-pejabatnya, karyawan-karyawannya, dan para pemegang sahamnya (“Penerima Ganti Rugi”) dari dan terhadap semua klaim, tanggung jawab, kerusakan, kerugian, dan biaya, termasuk namun tidak terbatas pada, biaya hukum dan akuntansi yang wajar, yang timbul dari atau dengan cara apapun terkait dengan pelanggaran Pengguna terhadap Syarat dan Ketentuan atau kewajiban apapun yang Pengguna miliki kepada InfinID berdasarkan perjanjian yang akan ditandatangani oleh Anda dan Kami selain dari yang timbul karena kelalaian berat (culpa lata) atau kesalahan yang tidak disengaja oleh Kami atau pejabat, agen, direktur atau karyawan Kami, segala kerusakan atau perusakan properti oleh Pengguna, pihak ketiga, atau terorisme, bencana alam, atau takdir Tuhan apa pun, cedera atau kematian seseorang karena sebab apa pun, dan kesalahan penilaian oleh Penerima Ganti Rugi atau kesesatan hukum atau fakta oleh Penerima Ganti Rugi.

16. KONTAK KAMI

Anda dapat menghubungi Kami jika Anda memiliki pertanyaan tentang Syarat dan Ketentuan ini dan/atau mengenai Aplikasi melalui:

Layanan email:

Hari Senin sampai Jumat Pukul 09.00 – 17.00.

17. PENGAKHIRAN LAYANAN & PEMBEKUAN

17.1 Anda memiliki kebebasan penuh dalam memilih menggunakan Aplikasi, menggunakan Layanan yang tersedia pada Aplikasi atau tidak, atau berhenti menggunakan Layanan pada Aplikasi.

17.2 Anda tidak berkewajiban untuk menggunakan Aplikasi dan dapat memilih untuk berhenti menggunakannya setiap saat dengan membatalkan Akun Anda dan secara permanen menghapus Aplikasi dari perangkat Anda. Syarat dan Ketentuan ini secara otomatis berakhir ketika Anda secara permanen membatalkan Akun Anda dan berhenti menggunakan Layanan Kami.

17.3 Anda dapat mengakhiri Akun dengan memberitahu Kami maksud membatalkan Akun Anda. Kami akan mencoba untuk melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan penghentian dan pembatalan Akun Anda.

Permohonan penghapusan data atau pembatalan Akun dapat dilakukan melalui surat elektronik ke [email protected].

17.4 Kami berhak untuk segera menangguhkan, membatasi atau menghentikan penggunaan Aplikasi dan/atau Akun Anda, untuk sementara waktu atau secara permanen karena hal-hal, termasuk namun tidak terbata, sebagai berikut:

  1. Laporan Anda bahwa Akun Anda digunakan atau diduga digunakan atau disalahgunakan oleh orang lain;
  2. Laporan Anda bahwa telepon genggam atau tablet pribadi Anda hilang, dicuri atau diretas;
  3. Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Akun Anda telah dialihkan atau digunakan oleh orang lain;
  4. Kami mengetahui atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa telah terjadi halhal yang menurut pandangan Kami telah atau dapat merugikan Kami, Anda, Penyedia Layanan Pihak Ketiga, Penyedia Konten Pihak Ketiga, atau pihak lainnya;
  5. Sistem Kami mendeteksi adanya tindakan yang tidak wajar dari penggunaan Akun Anda atau adanya kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan dan/atau Kebijakan Privasi yang tidak dipenuhi oleh Anda;
  6. Anda telah meninggal dunia, ditempatkan di bawah perwalian atau pengampuan atau mengalami ketidakmampuan lainnya yang menjadikan Anda tidak cakap hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Penggunaan Aplikasi atau Layanan oleh Anda atau pihak lain (yang menggunakan Akun Anda) dengan cara yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan dan/atau Kebijakan Privasi atau peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan/atau
  8. Perintah untuk pembekuan Akun, baik sementara atau permanen, yang diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter terkait atau berdasarkan perintah pengadilan yang diterbitkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jika Akun Anda dan/atau Aplikasi dibekukan, ditangguhkan atau dibatasi sesuai ketentuan di atas dan Anda memiliki bukti yang jelas bahwa Akun Anda atau Aplikasi seharusnya tidak dibekukan, ditangguhkan, atau dibatasi, Anda dapat membuat laporan kepada Kami untuk menyampaikan bukti-bukti tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap laporan Anda, Kami akan, atas kebijakan Kami sepenuhnya, menentukan untuk mengakhiri, menangguhkan, membatasi atau melanjutkan pembekuan terhadap Akun Anda atau Aplikasi. Pembatasan-pembatasan tersebut tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pembatasan-pembatasan tersebut telah diselesaikan.

17.5 Kami tidak memiliki kewajiban apapun kepada Anda terhadap hal-hal yang timbul sejak penghapusan Aplikasi, berakhirnya Syarat dan Ketentuan, pembekuan sementara atau pembekuan permanen Akun Anda. Akan tetapi, Anda tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban Anda yang telah timbul, termasuk namun tidak terbatas pada, setiap kewajiban yang mungkin timbul akibat adanya sengketa, tuntutan, maupun tindakan hukum lainnya yang telah ada, sebelum tanggal penghapusan Aplikasi, pembekuan sementara atau pembekuan permanen Akun Anda

18. LAIN-LAIN

18.1 Anda tidak dapat memindahkan atau mengalihkan hak Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kami.

18.2 Jika ada ketentuan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini yang dianggap tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan, baik secara keseluruhan atau sebagian, berdasarkan setiap Hukum yang Berlaku, ketentuan atau bagian dari ketentuan tersebut akan, dianggap bukan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini, namun legalitas, keabsahan atau keberlakuan dari Syarat dan Ketentuan selebihnya tidak akan terpengaruhi.

18.3 Syarat dan Ketentuan ini diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Seluruh perselisihan yang timbul dari, atau bersinggungan atau terkait dengan Syarat dan Ketentuan ini, termasuk interpretasi dan validitas setiap ketentuan, hak serta kewajiban masing-masing pihak, yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender setelah tanggal perselisihan tersebut akan dirujuk kepada dan pada akhirnya diselesaikan melalui arbitrase yang diatur oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) sesuai dengan peraturan BANI (“Peraturan BANI”).

18.4 Syarat dan Ketentuan ini dapat dimodifikasi dan diubah dari waktu ke waktu. Kami akan memberitahu Anda melalui Aplikasi dan/atau email atas modifikasi, dan/atau perubahan atas Syarat dan Ketentuan. Penggunaan Aplikasi secara terus menerus setelah diterimanya pemberitahuan ini merupakan persetujuan dan penerimaan Anda atas modifikasi, dan/atau perubahan.

18.5 Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan memulai atau melakukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dibuatnya maupun keabsahan Syarat dan Ketentuan ini dalam bentuk kontrak elektronik.

Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda setidaknya berusia 21 (dua puluh satu) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian dan bahwa Anda secara hukum cakap dan berhak mengikatkan diri Anda ke dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memenuhi kriteria tersebut dan Anda masih mengakses atau menggunakan Layanan dan Aplikasi kami, Anda menjamin bahwa tindakan tersebut, termasuk tindakan Anda mendaftar ke Aplikasi Kami, mengakses atau melakukan aktivitas dalam Aplikasi Kami didasarkan pada persetujuan dari orang tua atau wali Anda. Anda secara tegas melepaskan hak apapun berdasarkan hukum yang berlaku untuk membatalkan atau mencabut setiap dan semua persetujuan yang Anda berikan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.

Anda setuju untuk mengakses atau menggunakan Aplikasi dan Layanan semata-mata untuk tujuan yang ditentukan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan bahwa Anda menjamin untuk tidak menyalahgunakan Aplikasi dan Layanan yang diberikan kepada Anda.

Anda memahami dan menyetujui bahwa segala risiko yang timbul dari penggunaan Aplikasi dan Layanan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda dan Anda dengan ini membebaskan kami dari segala tuntutan atas kerusakan, kerugian, potensi kerugian atau bentuk lain yang ditimbulkan atau merupakan suatu sistem gangguan yang dibentuk dan dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang.

Anda memahami bahwa Aplikasi dan Layanan yang disediakan di dalamnya dapat disediakan oleh atau terkait dengan Pihak lain yang menggunakan Layanan kami. Anda secara tegas membebaskan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada pejabat Kami, karyawan Kami, direksi, komisaris dan agen Kami dari segala kewajiban, akibat, kerugian materiil atau immateriil, tuntutan, biaya (termasuk advokat dan atau biaya hukum yang mungkin timbul) atau tanggung jawab hukum yang timbul atau mungkin timbul karena pelanggaran Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini, atau sehubungan dengan Pihak lainnya tersebut.

Dikecualikan dari hal tersebut di atas, jika ada kerugian langsung akibat pelanggaran Kami terhadap Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda setuju dan secara tegas membatasi jumlah klaim Anda sebesar jumlah total yang sebenarnya dikeluarkan atau dibayarkan sehubungan dengan peristiwa tersebut.

SYARAT DAN KETENTUAN INI DIBUAT DAN DIBERIKAN PERSETUJUAN SECARA ELEKTRONIK OLEH PENGGUNA DALAM KEADAAN SEHAT DAN SADAR SERTA TANPA ADA PAKSAAN DARI PIHAK MANAPUN JUGA.

SETELAH PENGGUNA MEMBUBUHKAN PERSETUJUAN SECARA ELEKTRONIK BAIK MELALUI MEKANISME PEMBERIAN TANDA CENTANG (√) PADA KOTAK PERSETUJUAN ATAUPUN MELALUI MEKANISME PERSETUJUAN LAINNYA ATAS SYARAT DAN KETENTUAN INI, MAKA PENGGUNA DENGAN INI MENYATAKAN SETUJU DAN TELAH MEMBACA, MENGERTI, MEMAHAMI SECARA SEKSAMA DAN TUNDUK PADA SETIAP DAN KESELURUHAN SYARAT DAN KETENTUAN.

Dengan ini saya menerima semua isi dari Syarat dan Ketentuan ini